Tuesday, November 11, 2008

Trojan Maling Account Pemain Game Online

Saat ini, ramai tersebar serangan yang mencuri account seseorang yang bermain online game yang ditimbulkan oleh trojan jenis baru. Trojan ini mendominasi aktivitas malware akhir-akhir ini dan dapat menjadi sebuah ancaman bagi dunia bisnis juga, peringatan pakar security.

Trojan ini didesain untuk mencuri informasi account pemain game online, laporan dari Fortinet Technologies Inc. Perusahan yang berbasis di California ini mengidentifikasi jenis trojan baru ini dalam laporannya bulan Juni kemarin.

Hanya karena trojan ini didesain untuk mengambil informasi account pemain online game, tidak berarti dunia bisnis dapat terbebas dari ancaman ini, ujar Derek Manky, teknisi peneliti keamanan Fortinet.

Sekarang ini, banyak trojan mempunyai fungsionalitas yang memungkinkan trojan tersebut dapat menerima perintah dari pengirimnya dan dapat men-download kode baru yang dapat digunakan untuk bermacam-macam tujuan kejahatan.

Dua jenis trojan ini telah dimasukkan ke dalam 10 masalah paling berbahaya pada bulan April lalu, dimana keduanya berada pada urutan kedua dan keempat dalam daftar list tersebut.

Kerusakan yang ditimbulkan oleh trojan ini dapat dilihat dalam technical support forums milik World of Warcraft. Forum online game populer ini penuh dengan komplain para user yang menjadi korban pencurian account. “Tolog kunci account dengan username Txexhale,” tulis seorang gamer. “Account itu telah dicuri, juga semua informasi saya.”

Para pencuri sering menjualnya dalam black market, ujar Manky. “Motivasinya adalah finansial dan memang ada pasarnya.” Selain itu, trojan ini dapat mengambil data pribadi seseorang, dan menjadikan komputer tersebut menjadi “computer-zombie”, dan kemudian mengirim spam ke korbannya.

No comments:

Post a Comment